Sabtu, Juni 8, 2024
spot_img

Klub Liga Prancis yang Mampu Bersaing di Kompetisi Eropa

BolaMilenia.com – Klub dari liga top Eropa selalu mendominasi kompetisi Benua Biru, termasuk Klub Liga Prancis. Meski dominasi mereka tidak seperti klub dari Inggris, Spanyol, dan Italia, tapi tim dari Liga Prancis selalu menjadi pesaing kuat.

Dalam 10 tahun terakhir Paris Saint Germain (PSG) adalah klub Prancis yang paling mencolok di Eropa, khususnya Liga Champions. Mereka selalu menjadi kandidat kuat juara bersama tim-tim seperti Manchester City, Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Muenchen.

Tidak hanya PSG, sejak kompetisi Eropa diadakan ada beberapa klub dari Ligue 1 yang selalu menjadi batu sandungan tim-tim langganan juara.

Klub Liga Prancis yang Mampu Bersaing di Kompetisi Eropa

SC Bastia

Tidak banyak yang tahu bahwa SC Bastia merupakan salah satu klub Prancis yang pernah melangkah jauh di kejuaraan Eropa. Pada tahun 1978, tim yang berasal dari Pulau Korsika itu pernah melaju ke partai final Piala UEFA. Mereka kalah dari PSV Eindhoven dengan skor 3-0 di partai puncak.

SC Bastia/Storie di Calcio

Meski pernah berkiprah cukup jauh di Piala UEFA, namun ternyata SC Bastia belum pernah sekalipun menjuarai Ligue 1. Mereka hanya sekali juara Coupe de France pada 1981. Di musim 2022/2023, SC Bastia hanya berkompetisi di Ligue 2.

Stade Reims

Saat pertama kali Liga Champions/Piala Eropa bergulir pada musim 1955/1956, Stade Reims adalah sala satu finalisnya. Saat itu mereka gagal meraih gelar juara setelah kalah dari Real Madrid 4-3. Tiga musim berikutnya, Stade Reims kembali masuk final dan kalah dari Real Madrid dengan skor 2-0.

Di kompetisi domestik, Stade Reims termasuk salah satu klub sukses di Prancis. Mereka mengoleksi enam gelar Liga Prancis dan dua gelar Coupe de France.

Girondins Bordeaux

Klub yang berdiri pada 1881 ini memiliki cerita manis di Piala UEFA 1995/1996. Saat itu untuk pertama kalinya mereka berhasil melaju ke partai final. Sayangnya di final mereka harus kalah dari Bayern Muenchen dengan agregat 1-5.

Bordeaux/Le Corner

Tidak hanya di Eropa, Girondins Bordeaux juga merupakan salah satu tim tersukses di Prancis. Mereka pernah juara Liga Prancis sebanyak enam kali dan Coupe de France empat kali.

AS Saint-Etienne

AS Saint-Etienne merupakan salah satu klub terbaik di Prancis. Sejak pertama kali tim ini berdiri, mereka sudah mengoleksi 10 gelar juara Liga Prancis dan enam gelar Coupe de France. Prestasi ini sedikit banyaknya berdampak ke penampilan mereka di kompetisi Eropa.

Pada 1976, AS Saint-Etienne pernah menjadi finalis Liga Champions atau Piala Eropa. Saat itu mereka bertemu dengan raksasa Jerman, Bayern Muenchen di partai final. Mereka kalah dengan skor 1-0 dari Die Roten.

AS Monaco

Meraih delapan gelar juara Liga Prancis dan lima gelar Coupe de France menjadi bukti bahwa AS Monaco merupakan salah satu tim terbaik di Prancis. Bukti keperkasaan Monaco juga terlihat di kompetisi Eropa.

AS Monaco/UEFA

Pada 1992, klub yang berkandang di Stade Louis-II ini masuk final Piala Winner. Saat itu mereka kalah dari wakil Jerman, Weder Bremen di partai puncak. Pada 2003, untuk pertama kalinya Monaco mencicipi laga final Liga Champions. Saat itu mereka gagal menjadi juara karena kalah 3-0 dari FC Porto.

Paris Saint Germain

Beberapa tahun belakangan Paris Saint Germain menjelma menjadi salah satu klub terbaik di Eropa. Dengan komposisi pemain bintang yang mereka punya, PSG mampu bersaing dengan tim-tim kuat Benua Biru.

Pada 1996, PSG pernah menjadi juara Piala Winner. Saat itu mereka mengalahkan Rapid Wien dengan skor 1-0 di final. Pada 2020 lalu, tim asal kota Paris ini menjadi finalis Liga Champions. Mereka gagal juara karena kalah dari Bayern Muenchen di partai final.

Olympique Marseille

Olympique Marseille merupakan klub Prancis paling sukses di Eropa. Mereka pernah menjuarai Liga Champions pada tahun 1993. Kala itu mereka mengalahkan raksasa Italia, AC Milan di partai final dengan skor 1-0.

Olympique Marseille/90min

Sebelumnya pada tahun 1991 Marseille juga melaju ke babak final Liga Champions. Sayangnya mereka kalah dari Red Star Belgrade. Di pentas Liga Europa, Marseille pernah tiga kali masuk final, namun ketiganya berujung dengan kekalahan.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru