Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Awer Mabil, Dari Kamp Pengungsi ke Piala Dunia

BolaMilenia.com – Ada banyak kisah inspiratif yang bisa diambil dari sebuah gelaran akbar, seperti Piala Dunia. Kisah pemain Australia, Awer Mabil menjadi salah satunya. Di mana dia yang lahir di kamp pengungsi, kini akan berlaga di salah satu ajang terbesar di dunia.

Orang tua Mabil adalah orang Sudan Selatan, yang memilih pindah dari dari kampung halaman mereka akibat perang. Kakuma menjadi tujuan orang tua Mabil, yang merupakan pusat pengungsian di kawasan Kenya yang dioperasikan oleh PBB.

Pada September 1995, Mabil lahir. Masa kecil pemain Cadiz tersebut dihabiskan dengan bermain sepak bola. Tentu saja bukan sepak bola yang sebagaimana mestinya. Mabil kecil dan kawan-kawannya bermain tanpa sepatu dan bola yang terbuat dari kumpulan plastik.

Fox Sports

Nasib Mabil dan keluarganya perlahan berubah ketika mereka berkesempatan pindah ke Adelaide, Australia saat Mabil berusia 10 tahun. Tentu saja, tempat yang jauh lebih baik untuk sang pemain melanjutkan kegemarannya bermain sepak bola, sambil belajar bahasa Inggris.

Ternyata, sepak bola benar-benar menjadi jalan hidup Mabil. Kemampuannya tercium pencari bakat setelah bermain sangat baik di sebuah klub lokal. Hasilnya, salah satu klub peserta A-League, Adelaide United mengontraknya saat masih berusia 17 tahun di musim 2012-13.

Penampilan terbaik Mabil bersama Adelaide United terjadi pada musim 2014-15. Saat usianya masih termasuk kategori remaja di sepak bola, pemain berposisi winger ini mencatatkan lima gol dan dua assists dari 19 pertandingan.

Usai dari Australia, Mabil hijrah ke Denmark dan bermain untuk FC Midtjylland. Meski begitu, dirinya sempat dipinjamkan beberapa kali, sebelum akhirnya menjadi bagian inti klub tersebut di musim 2018. Di Denmark, Mabil berhasil meraih gelar Liga Denmark dan Piala Denmark.

Socceroos

Mabil mencatatkan debut bersama Tim Nasional Australia pada Mei 2018. Pada laga persahabatan melawan Kuwait, Mabil masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-73. Hanya butuh 15 menit, Mabil mencetak gol untuk Australia, dan laga tersebut berakhir 4-0 untuk kemenangan The Soccerros.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Mabil dan Timnas Australia tergabung di Grup D bersama Prancis, Denmark, dan Tunisia.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru