Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Catatan Unik Stankovic, Tiga Piala Dunia dengan Tiga Negara Berbeda

BolaMilenia.com – Pesta sepak bola terakbar sejagat, Piala Dunia 2022 Qatar akan digelar dalam hitungan hari. Sebanyak 32 tim akan bertarung untuk menjadi yang terbaik. Berbicara soal Piala Dunia, tentu ada banyak fakta-fakta menarik yang tersaji di dalamnya. Salah satunya ada pada diri Dejan Stankovic. Gelandang elegan yang mampu bersinar bersama Inter Milan dengan raihan Treble Winners di musim 2009-10.

Dejan Stankovic tercatat bermain di tiga Piala Dunia. Uniknya, pria yang kini menjadi pelatih di Sampdoria tersebut bermain untuk tiga negara berbeda.

  • Yugoslavia – Piala Dunia Prancis 1998
Dejan Stankovic Piala Dunia
AFP

Stankovic masih tergolong pemain muda ketika Piala Dunia 1998 digelar di Prancis. Dirinya masih berusia 19 tahun dan bermain untuk Red Star Belgrade. Masih menjadi pemain muda, Stankovic tak pernah tampil sebagai starter. Meski begitu, Stankovic berhasil menyumbangkan satu gol ke gawang Jerman. Yugoslavia sendiri akhirnya terhenti di babak 16-besar setelah dikalahkan Belanda.

  • Serbia & Montenegro – Piala Dunia Jerman 2006
Dejan Stankovic Piala Dunia
Dream Team

Serbia & Montenegro merupakan salah satu negara hasil dari pecahan Yugoslavia di tahun 2003. Stankovic yang lahir di kawasan Serbia, akhirnya memilih membela negara tersebut. Di Piala Dunia 2006, Stankovic tak mampu berbuat banyak untuk negaranya. Serbia & Montenegro terhenti di fase grup setelah menelan tiga kekalahan. Stankovic sendiri mencatatkan satu assist di gelaran Piala Dunia tersebut.

  • Serbia – Piala Dunia Afrika Selatan 2010
Dejan Stankovic Piala Dunia
Zimbio

Usia Serbia & Montenegro ternyata tak panjang, dan masing-masing akhirnya berdiri sebagai negara sendiri. Stankovic membela Serbia dan membawa negara tersebut lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Meski habis membawa Inter Milan meraih Treble Winners, ternyata Stankovic tak mampu membawa Serbia berbicara banyak di Piala Dunia 2010. Serbia terhenti di fase grup dan Stankovic sama sekali tidak mencetak gol atau mencatatkan assist.

Itulah tadi catatan unik dari seorang Dejan Stankovic. Sepertinya, tak akan ada lagi pemain sepak bola yang bisa membuat catatan unik seperti itu. Bermain di tiga Piala Dunia dengan tiga negara berbeda.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru