Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

FIFA: Saatnya Peserta Piala Dunia Fokus ke Sepak Bola

BolaMilenia.com – Piala Dunia 2022 Qatar memang banyak mengundang kontroversi. Tak sedikit pihak yang melontarkan kritik terkait gelaran pesta sepak bola terakbar empat tahunan tersebut.

Akan tetapi, FIFA sebagai induk sepak bola dunia meminta, khususnya kepada tim-tim peserta Piala Dunia 2022 Qatar untuk fokus ke urusan sepak bola. Hal terebut disampaikan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Saatnya negara-negara peserta Piala Dunia untuk fokus ke urusan sepak bola,” tulis pernyataan FIFA yang ditandatangani oleh Infantino dan Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, seperti dilansir dari BBC.

“Kita semua sadar bahwa ada banyak sekali tantangan dan kesulitan. Terutama pandangan politik dari seluruh dunia,” lanjut pernyataan tersebut.

Piala Dunia Sepak Bola
Marca

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 Qatar memang mengundang cukup kontroversi. Bahkan sejak keputusan digesernya gelaran empat tahunan tersebut ke akhir tahun, yang biasanya diselenggarakan di tengah tahun.

Kemudian, protes yang digaungkan oleh para pegiat HAM. Protes yang dilancarkan terkait isu banyaknya pekerja yang tewas sejak diputuskannya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Tak hanya dari luar lapangan, protes juga datang dari dalam lapangan itu sendiri. Misalnya, apparel Tim Nasional Denmark yang mengusung desain ‘tak terlihat’. Apparel tersebut memberi pesan bahwa mereka tak ingin terlihat di gelaran Piala Dunia yang banyak menuai kontroversi.

Kemudian bentuk protes juga datang dari beberapa negara Eropa, seperti Inggris. Negara-negara tersebut secara terbuka mengatakan ingin menggunakan ban kapten ‘One Love’ sebagai protes karena Qatar yang punya hukum menentang LGBT.

Piala Dunia 2022 Qatar sendiri akan dimulai pada 20 November mendatang dengan laga pembuka antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Sementara laga final akan digelar 18 Desember.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru