Kamis, Juni 8, 2023
spot_img

Kroasia ke Perempat Final Usai Kandaskan Jepang via Adu Penalti

BolaMilenia.com – Kroasia berhasil melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Jepang lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 hingga 120 menit di Stadion Al Janoub, Qatar, Senin (5/12) malam. Adapun dalam laga ini sejatinya Jepang bermain bagus.

Sayang, di babak adu penalti Jepang harus kalah. Tiga eksekutor Samurai Biru gagal memanfaatkan peluang-peluang tersebut buat dijadikan sebuah gol.

Selebrasi Daizen Maeda Jepang - Sky Sports
Sky Sports

Jalannya Pertandingan

Kroasia mengawali babak pertama babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan mencoba bermain menyerang. Gempuran terus dilakukan yang dimotori langsung oleh bintang Real Madrid Luca Modric.

Tapi, Jepang tidak cuma bermain bertahan. Mengejutkannya tim Samurai Biru sesekali membuat gawang Kroasia dalam bahaya, meski belum berbuah gol di awal-awal babak pertama.

Kedua tim yang bermain ngotot menampilkan permainan jual beli serangan. Situasi itu terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Setelah itu, Kroasia mengendalikan tempo permainan. Tim besutan Zlatko Dalic itu perlahan membangun serangan yang mengancam pertahanan Samurai Biru. Beruntung, Jepang mampu mengantisipasi tekanan dengan baik.

Permainan umpan pendek yang cukup rapi ditampilkan oleh Samurai Biru di pengujung babak pertama. Akhirnya, mereka mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43’). Gol berawal dari umpan panjang, yang kemudian berujung kemelut di depan gawang Livakovic.

Tidak ada gol lagi sampai dengan turun minum. Sementara Jepang mengungguli Kroasia dengan skor tipis 1-0.

Selebrasi Ivan Perisic, Kroasia - Sky Sports
Sky Sports

Babak kedua Kroasia nampak berambisi menyamakan kedudukan. Baru mulai pertandingan mereka langsung memberikan tekanan kepada pertahanan Jepang yang membuat kiper sampai jatuh bangun.

Usaha Jepang baru berbuah hasil pada menit 55. Berawal dari skema set-piece, Ivan Perisic menyundul bola ke sudut kanan gawang yang tak bisa dimentahkan kiper Samurai Biru, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Baca Juga :   Jerman Enggan Ulangi Memori Kelam Piala Dunia 2018

Kedua tim berupaya mencetak gol lagi selepas imbang. Jepang kini mulai kembali berani melakukan tekanan ke lini pertahanan Kroasia. Sesekali, Kroasia dibuat kewalahan untungnya masih bermain bagus.

Setelah perjuangan tidak ada gol sampai 90 menit waktu normal. Pertandingan dilanjutkan sampai extra time.

Adapun di waktu extra-time kedua tim bermain agresif seperti sebelumnya. Namun, memang ada penurunan tempo mengingat kondisi fisik yang sudah mulai kekelahan terlihat di pemain Jepang dan Kroasia.

Adapun Kroasia lebih banyak kuasai pertandingan di babak extra-time ini. Namun, lagi-lagi belum ada gol tercipta, duel dilanjut ke babak adu penalti.

Adapun di babak tos-tosan Kroasia sukses memenanginya dengan hasil akhir 1-3. Alhasil, Kroasia berhak mendapatkan tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Selebrasi Daizen Maeda Jepang - Sky Sports
Sky Sports

Susunan pemain

Jepang (3-4-3): Suichi Gonda (GK), Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo, Ritsu Doan, Daizen Maeda, Daichi Kamada.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic (GK), Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic

Related Articles

Stay Connected

226,076FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru