Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Alasan JIS Belum Layak untuk Venue Piala Dunia U-17 2023

BolaMilenia.com – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap alasan JIS alias Jakarta International Stadium untuk venue Piala Dunia U-17 2023. Ia mengatakan ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar standar FIFA.

JIS memiliki kendala akses penonton dan area parkir yang terbatas jika dipilih sebagai venue Piala Dunia U-17 2023. Kondisi tersebut sangat berbahaya untuk keselamatan suporter.

Terlebih, karakter suporter Indonesia masih berbeda dari luar negeri. Seperti diketahui, cukup banyak yang lebih mengandalkan kendaraan pribadi ketimbang umum saat menyaksikan laga sepak bola.

“Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton,” kata Erick Thohir.

“Yang harusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter,” beber Erick seperti dikutip dari Antara.

Erick mengaku terbuka dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memberi pilihan lokasi stadion selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), termasuk JIS.

Jakarta International Stadium - Indonesia Daily
Indonesia Daily

“Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa. Itu yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden. Tentu FIFA akan meninjau ulang. Jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tidak sesuai dengan standarisasi,” kata Erick.

JIS Bakal Dicek Langsung

Kekurangan JIS juga terdapat pada penggunaan rumput jahitan yang digunakan. Oleh karena itu, Erick bersama Penjabat Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan meninjau langsung JIS untuk memastikan kelayakan stadion tersebut sesuai standar FIFA.

“Kira-kira kekurangan apa yang harus dilengkapi? Saya yakin tidak mungkin FIFA tidak bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standar harus diselaraskan,” kata Erick.

PSSI juga tengah menanti kehadiran FIFA untuk berkoordinasi terkait standarisasi dan pemilihan stadion yang sesuai untuk pertandingan, di mana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru