Hari Ini, Jay Idzez Akan Diambil Sumpah WNI

BolaMilenia.com – Pemain asal klub Venezia, Jay Idzes, akan menjalani proses pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia, Kamis (28/12). Idzes, yang diproyeksi menjadi salah satu bek andalan timnas Indonesia, sudah tiba pada Rabu (27/12/2023) sore WIB.

Pengambilan sumpah WNI itu akan berlangsung di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta mulai pukul 08.00 WIB. Idzes diwajibkan hadir mengenakan jas lengkap warna hitam, dasi merah, dan kopiah.

“Saya sangat senang dan antusias menyambut hari esok. Akhirnya saya bisa menyelesaikan semua prosesnya. Ya, saya sangat tak sabar menunggu hari esok,” kata pemain setinggi 190 centimeter tersebut, dikutip dari laman PSSI.

Sayangnya, Idzes tak akan keburu untuk tampil pada Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada Januari 2024. Dia tak masuk ke dalam daftar skuad yang dibawa pelatih Shin Tae-yong menjalani pemusatan latihan di Turki beberapa hari lalu.

Meski begitu, Idzes tampaknya diproyeksi untuk tampil pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang kembali digelar pada Maret tahun depan.

Jay Idzes Duluan, Nathan Tjoe-A-On Menyusul

Jay Idzez, timnas Indonesia, WNI - PSSI 1
PSSI

Sebenarnya bukan hanya Jay Idzes yang diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI, juga Nathan Tjoe-A-On. Hanya saja, pemain Swansea City itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Proses naturalisasi Idzes pun segera dikebut dan berlangsung singkat.

Pada awal Desember, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan hingga persetujuan dari Presiden Joko Widodo pun dikantongi.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Ke depannya, masih ada beberapa pemain keturunan yang diproyeksi mendapatkan KTP Indonesia, termasuk Ragnar Oratmangoen.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru