Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Rumput JIS Jadi Dikaitkan Politik, FIFA Bereaksi

BolaMilenia.com – Rumput JIS (Jakarta International Stadium) yang jadi polemik akhirnya bikin FIFA turut bereaksi.  FIFA melalui manajemen lapangan senior, Alan Ferguson, bilang kalau rumput yang diganti itu sudah memenuhi standar pertandingan internasional tensi tinggi. 

Seperti diketahui, salah satu venue Piala Dunia U-17 2023 itu memang sempat jadi viral di media sosial. Sebab, beberapa spot dianggap ada rumput yang belum tumbuh sempurna. Bahkan, ada saja netizen yang membandingkan soal kualitas rumput sebelumnya dengan yang diganti saat ini. Disebut-sebut kalau rumput JIS sebelumnya terlihat rumput yang lama sebelum direnovasi lebih bagus.

Faktanya sejauh ini tak ada komentar buruk terkait rumput di stadion tersebut. Padahal, JIS merupakan stadion yang  paling banyak menyelenggarakan pertandingan hingga 16 kali. Nah stadion itu pun diklaim sudah teruji dengan optimal dalam skala internasional. 

Rumput JIS Jadi Dikaitkan Politik, FIFA Bereaksi
Goal

“Faktor kelembaban dan curah hujan (tinggi) di musim hujan khususnya, akan selalu menjadi tantangan yang spesifik. Namun semua ini telah tertangani dengan sangat baik dengan level terinterupsi yang minimum. Pemeliharaan rumput lapangan di semua stadion, termasuk JIS pemotongan rumput dengan ketinggian yang tepat serta penggunaan mesin pengelolaan rumput, yang merupakan hal baru bagi Indonesia, tak hanya membuat turnamen ini lebih baik tapi juga menghasilkan warisan terbaik melalui wadah stadion-stadion berkelas dunia,” kata Alan Ferguson dalam rilisnya. 

Rumput JIS Memang Khusus 

Jenis rumput JIS yang digunakan di lapangan tersebut adalah Zoysia, rumput yang biasa tumbuh di negara tropis. Rumput Zoysia yang digunakan merupakan hasil panenan dari rumput di lapangan kampus Universitas Pelita Harapan. 

Pemanenan rumput menggunakan mesin khusus yang dapat menggulung rumput seperti karpet dengan ketebalan lebih dari 4 cm. Proses penggantian rumput lapangan sangat dimonitor dengan ketat oleh tim manajemen lapangan FIFA. Diantaranya dengan pengecekan kualitas rumput dan lapangan setiap harinya. 

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru