Selasa, Juli 9, 2024
spot_img

Syarat Pemain Timnas U-16 Indonesia, Tinggi Minimal 175 Cm

BolaMilenia.com – Tinggi minimal 175 centimeter menjadi salah satu syarat untuk menembus timnas U-16 Indonesia. Meski tak mutlak, pelatih Nova Arianto menjadikan hal itu sebagai prioritas dalam menyeleksi pemain.

“Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm,” jelasnya.

Saat ini Nova sedang mengadakan seleksi pemain untuk gelombang ketiga yang telah dimulai sejak 25-28 Februari. Sebelumnya, dia pun pernah mengatakan kalau kriteria pemain yang dicari salah satunya adalah tinggi badan dan postur tubuh.

Nova mengaku menyiapkan calon pemain dengan postur ideal yang kelak bisa menjadi andalan di timnas senior. “Saya menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik 1cm pertahunnya,” jelas Nova lagi.

“Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm,” sambung dia.

Faktor yang mendasari Nova untuk mencari pemain tinggi adalah pengalamannya di Piala Asia 2023. Kala itu, Indonesia menghadapi tim dengan pemain yang posturnya jauh lebih tinggi, seperti Irak dan Australia. Hal tersebut, cukup menjadi kendala dalam memberi perlawanan di lapangan.

Timnas U-16 Indonesia Segera Gelar Seleksi Gelombang Ketiga

Pelatih timnas U-16 Indonesia Nova Arianto PSSI 1
Pelatih timnas U-16 Indonesia Nova Arianto PSSI 1

Nova Arianto akan kembali menyeleksi 34 pemain pada gelombang ketiga dalam beberapa hari ke depan. Dua gelombang sebelumnya ada 32 pemain yang ikut serta dan sudah rampung pada Sabtu (24/2).

Nova kembali berharap, di gelombang ketiga nanti dengan jumlah pemain yang lebih banyak dari dua gelombang sebelumnya, dia dapat menyeleksi lebih banyak pilihan pemain.

Sebelumnya, dia mengungkapkan belum akan mengumumkan nama-nama pemain dari tiap-tiap gelombang, namun akan lebih dahulu mengumpulkan para pemain pilihannya dari gelombang pertama hingga ketiga, dengan terlebih dahulu mengkalkulasikan semuanya.

“Mereka rata-rata bermain di SSB, jadi saya melihat mereka membawa gaya dari masing-masing SSB atau akademinya. Tapi saya ingin menunjukkan pada mereka ini lho cara main sepak bola sekarang. Saya mau pilih pemain yang benar-benar sesuai dengan filosofi saya, termasuk dengan tinggi badan,” kata Nova memungkasi.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru