Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Timnas Indonesia Melesat Usai Permalukan Vietnam

BolaMilenia.com – Timnas Indonesia melesat tajam di ranking FIFA usai mempermalukan Vietnam di Abdulla bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Vietnam sendiri langsung turun drastis karena kekalahan tersebut.

Seperti diketahui, skuat Garuda memang akhirnya menyudahi penantian tak pernah menang lawan Vietnam dalam enam pertemuan berturut-turut di level senior. Gol penalti yang tenang dari Asnawi Mangkualam, menjadi penentu kemenangan 1-0 Indonesia atas seteru utamanya di Asia Tenggara tersebut.

Tak cuma itu, kemenangan tersebut juga membuka asa buat timnas Indonesia melangkah ke babak selanjutnya, seperti target yang dicanangkan pelatih Shin Tae-yong. Ini adalah dua kemenangan beruntun Indonesia atas Vietnam, setelah sebelumnya jua menang pada ajang SEA Games 2023.

Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Gila!
Getty Images

Nah yang menarik, kemenangan itu juga memengaruhi peringkat FIFA timnas Indonesia. Dikutip dari Footy Rankings, Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan naik lima anak tangga dari 147 ke-142. Tentu, peringkat tersebut bisa terus naik andai Indonesia bisa setidaknya tahan gempuran Jepang pada laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023, 24 Januari mendatang.

Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik, Vietnam Turun.

Nah, saat peringkat FIFA Indonesia naik, jelas kekalahan itu bikin posisi Vietnam menurun. Peringkat anak asuh Philippe Troussier turun empat peringkat dari 95 ke-99.

Tak cuma itu, kekalahan tersebut juga membuat Vietnam dipastikan tak akan lolos, dan pasti jadi juru kunci di Grup D. Pasalnya, apa pun hasil di laga pamungkas nanti, Vietnam tak akan bisa geser posisi Indonesia karena kalah head to head.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru