Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Kalahkan Indonesia, Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Bolamilenia.com – Harapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 akhirnya kandas. Pasalnya, AFC selaku badan sepak bola Asia, baru saja mengumumkan bahwa Qatar yang resmi ditunjuk sebagai tuan rumah untuk kejuaraan antaregara se-Asia itu.

Adalah Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, yang mengumumkan langsung penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah. Dia juga mengapresiasi PSSI serta KFA (Federasi sepak bola Korea Selatan) yang turut berpartisipasi dalam pemilihan tuan rumah.

“Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses bidding yang adil dan transparan. Saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor kami atas kesabaran mereka selama masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” ujar Salman, seperti dilansir Bolamilenia.com dari AFC.

Menurut Salman, pemilihan Qatar sebagai tuan rumah tidak terlepas dari kemampuan serta infrastruktur yang saat ini ada di sana. Apalagi, di Qatar juga akan diselenggarakannya Piala Dunia 2022 pada November mendatang.

“Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu bahwa kerja keras segera dimulai. Akan tetapi, dengan infrastruktur kelas dunia yang ada, dan kemampuan penyelenggaraan yang tak tertandingi, kami yakin Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise Asia,” sambungnya.

Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dan Presiden Asosiasi Sepal Bola Qatar (QFA) Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani - AFC
AFC

Dengan penunjukkan Qatar, artinya asa Indonesia dan Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 dipastikan kandas. Sebelumnya, Qatar bersama Indonesia dan Korsel maju dalam pemilihan calon tuan rumah menyusul mundurnya Cina.

Meski gagal menjadi tuan rumah, timnas Indonesia tetap akan berpartisipasi sebagai salah satu dari 24 peserta. Meski jadwal belum diumumkan, dengan terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah, Piala Asia kemungkinan akan digelar pada Januari 2024

“Bila Qatar dipilih, Piala Asia akan diadakan pada Januari 2024 karena waktu cuaca tidak panas,” ucap Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Sir Windsor John, beberapa waktu lalu.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru