Mental Indonesia Sudah Anjlok Sejak Gol Ketiga Malaysia

0
1678
Timnas U-17 Malaysia 1-5 Timnas U-17 Indonesia (1) - FAM
FAM

BolaMilenia.com – Mimpi Timnas U-17 Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 2023 kandas akibat kalah 1-5 dari Malaysia, Minggu (9/10). Pelatih Bima Sakti mengatakan, tiga gol pertama Malaysia menjadi pemicu mental anak asuhnya anjlok pada pertandingan terakhir grup B itu.

Kekalahan dari Malaysia memang menjadi hasil antiklimaks bagi tim berjuluk Garuda Asia tersebut. Semula, mereka cuma butuh hasil seri untuk lolos otomatis sebagai juara grup B.

Akan tetapi, Malaysia justru tampil efektif sejak awal laga. Pada babak pertama, mereka melepas 5 tembakan yang semuanya menjadi gol. Sementara, Indonesia total melepas 10 tembakan tapi tak mampu mencetak gol.

“Saat mereka membuat gol ketiga, kami semakin ‘down’. Kami berusaha meningkatkan mental pemain lagi, tetapi tekanan laga ini memang tinggi,” ujar Bima.

Timnas U-17 Malaysia 1-5 Timnas U-17 Indonesia - FAM
FAM

Menurut Bima, semua rencana yang telah disusun gagal terlaksana di lapangan akibat psikologis pemainnya yang terganggu. Indonesia kesulitan mengantisipasi serangan-serangan Malaysia dan mulai kehilangan fokus.

“Kami sudah mengetahui mereka mempunyai serangan balik yang cepat. Namun, kami sulit mengantisipasinya karena kurang koordinasi. Tidak ada yang menyangka skor bisa sebesar itu,” ujar Bima Sakti.

Pria berumur 46 tahun itu teramat menyesali kegagalan tersebut. Dia menyebut, jajaran pelatih menjadi pihak yang paling bertanggung jawab.

“Kecewa dan sedih pasti. Saya mengatakan kepada pemain agar mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen ini. Karier mereka masih panjang. Semua tanggung jawab saya sebagai pelatih. Ini kesalahan dari staf pelatih,” pungkas Bima Sakti.