Sabtu, Juni 8, 2024
spot_img

Messi Banjir Rekor Usai Bawa Argentina ke Final Piala Dunia

BolaMilenia.com – Penyerang Argentina, Lionel Messi mengukir banyak rekor usai membawa Albiceleste ke final Piala Dunia 2022. Messi menyumbang satu gol dan satu assist saat Argentina menang 3-0 atas Kroasia di babak semifinal.

Sebelum laga dimulai, Messi bahkan sudah mencatatkan rekor. Dipastikan bermain sebagai starter, Messi mencatatkan penampilan ke-25 di gelaran Piala Dunia. Jumlah terbanyak sepanjang sejarah, sejajar dengan legenda Jerman, Lothar Matthaus.

Satu gol yang dicetak Messi membuat dirinya kini mengoleksi 11 gol pada putaran final Piala Dunia. Jumlah tersebut jadi yang terbanyak, menggusur raihan legenda Argentina lainnya, Gabriel Batistuta.

Secara total, Messi sudah terlibat dalam 19 gol sepanjang tampil di Piala Dunia dengan catatan 11 gol dan delapan assists. Sejak Piala Dunia 1966, jumlah tersebut menjadi yang terbanyak, sejajar dengan Miroslav Klose, Ronaldo Nazario, dan Gerd Mueller.

Messi Banjir Rekor Usai Bawa Argentina ke Final Piala Dunia
Twitter @Squawka

Jika dibandingkan dengan seluruh pemain sepak bola yang masih aktif bermain, Messi menguasai catatan gol sekaligus assists tersebut. Tak ada pemain yang mencetak lebih dari 11 gol dan delapan assists di ajang Piala Dunia.

Messi menjadi pemain keenam sepanjang sejarah Piala Dunia yang bisa mencetak gol pada babak 16-besar, perempat final, dan semifinal. Sebagai catatan, babak 16-besar Piala Dunia baru diadakan mulai edisi 1986.

Sejak Piala Dunia 1966, Messi menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol dan mencatatkan assist pada empat pertandingan Piala Dunia. Selain di laga melawan Kroasia, Messi melakukannya di pertandingan melawan Serbia pada 2006, versus Meskiko di 2022, dan kontra Belanda di 2022.

Sepanjang tahun ini, Messi tercatat sudah mencetak 16 gol untuk Argentina. Sejak debut pada tahun 2005, tahun ini menjadi yang paling produktif untuk Messi, meski sudah berusia 35 tahun.

Julian Alvarez Juga Ikut Ukir Rekor

Sementara itu bagi Argentina, final Piala Dunia 2022 menjadi yang keenam sepanjang sejarah, jumlah yang sama dengan Brasil. Hanya Jerman tim yang lebih sering tampil di final Piala Dunia dengan delapan penampilan.

Tak hanya Messi, Julian Alvarez juga mencatatkan beberapa rekor apik usai laga kontra Kroasia. Salah satunya menjadi pemain termuda kedua yang bisa mencetak dua gol di Piala Dunia, di bawah Pele pada usia 22 tahun dan 316 hari. Sementara Pele melakukannya saat masih berusia 17 tahun dan 249 hari.

Alvarez berhasil menjadi pemain kedua sepanjang sejarah Argentina yang bisa mencetak empat gol di Piala Dunia pada usia 22 tahun. Mengikuti jejak Gonzalo Higuain yang melakukannya di edisi 2010.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru