Selasa, Juli 9, 2024
spot_img

Hasil Indonesia vs Vietnam: Egy Maulana Vikri Jadi Pahlawan

BolaMilenia.com – Egy Maulana Vikri menjadi penentu dalam laga timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Hasil ini sekaligus jadi kemenangan perdana Indonesia di grup F kualifikasi Piala Dunia 2026.

Vietnam, yang tak ingin mengulang kesalahan ketika kalah dari Indonesia di Piala Asia 2023 sehingga mencoba bermain menyerang dan agresif pada menit-menit awal. Hingga 15 menit laga berlangsung, Timnas Indonesia berada dalam tekanan.

Rizky Ridho dan kawan-kawan bermain bola panjang. Dalam posisi bertahan, pemain-pemain skuad Merah Putih tampil solid dan disiplin.

Anak asuh Shin Tae-yong baru bisa menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-28 melalui upaya Rafael Struick dan Witan Sulaeman mengirim bola ke dalam kotak penalti.

Pada menit ke-29 Struick mencoba menyelesaikan sebuah peluang setelah menggiring bola lebih dulu. Nguyen Filip mengamankan gawang Vietnam dari kebobolan.

Yakob Sayuri ikut menggedor pertahanan tim tamu, tapi bola yang ditujukan ke Hokky Caraka bisa diblok Bui Hoang Viet Anh pada menit ke-33. Menyusul kemudian sebuah sepak pojok yang berujung pada tendangan dari luar kotak penalti oleh Marselino Ferdinan yang masih bisa diadang pemain Vietnam.

Memasuki lima menit terakhir Vietnam kembali memiliki peluang di area kotak penalti Indonesia, termasuk dari blunder Adi Satryo yang gagal mengamankan bola dengan baik. Tak ada gol hingga turun minum.

Pergantian Shin Tae-yong Ubah Permainan Indonesia vs Vietnam

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman dan Pratama Arhan - PSSI
PSSI

Pada babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikri. Ketiganya menggantikan Nathan Tjoe-A-On, Yakob Sayuri, dan Hokky Caraka.

Keberadaan Arhan langsung memberi dampak pada serangan Indonesia. Pada menit ke-50 lemparan ke dalam Arhan menghasilkan kemelut di kotak penalti Vietnam.

Berselang dua menit kemudian lemparan Arhan kembali menghadirkan peluang. Bola yang coba disapu Vo Minh Trong mengarah ke Egy. Pemain Dewa United itu tak menyia-nyiakan peluang di depan kotak penalti. Indonesia memimpin 1-0 pada menit ke-52.

Selepas memimpin 1-0, Indonesia mencoba menggandakan keunggulan melalui kerja sama Ivar Jenner dan Jay Idzes. Vietnam pun meladeni permainan sehingga laga menjadi terbuka. Nam Manh Dung melepaskan tembakan yang masih melebar jauh dari gawang yang dikawal Adi Satryo.

Merespons keadaan, Philippe Troussier kemudian memasukkan pemain kawakan Vu Vanh Tanh dan Nguyen Tien Linh. Kehadiran dua pemain tersebut memberi suntikan penting pada permainan Vietnam yang kembali berusaha merangsek ke pertahanan Skuad Garuda.

Marselino memiliki peluang apik pada menit ke-70 setelah mencuri bola dan menggagas sebuah serangan balik. Sepakannya mengarah ke gawang Vietnam, Nguyen Filip masih bisa mengamankan bola.

Vietnam memiliki peluang pada menit ke-79 ketika Pham Xuan Manh melepas crossing yang disundul Ho Tan Tai. Bola masih menyamping dari gawang Indonesia.

Permainan agresif Vietnam tak lekang hingga menit akhir. Sementara Indonesia memiliki peluang melalui Egy yang memaksimalkan umpan Arhan. Filip menepis bola sehingga skor tak berubah tetap 1-0 untuk kemenangan timnas Indonesia.

Hasil ini membawa Indonesia untuk sementara naik ke peringkat kedua klasemen grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan 4 poin. Posisi puncak masih ditempati Irak dengan 6 poin, Vietnam di posisi ketiga dengan 3 poin, dan Filipina mengoleksi 1 angka sebagai juru kunci.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru