Gaji Wasit Liga 1 Lebih Tinggi dari Menteri, kok Bisa?

BolaMilenia.com – Gaji wasit Liga 1 2023-24 diklaim lebih tinggi dari seorang menteri. Ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Sekadar informasi, dilansir dari detik, menteri mendapatkan gaji Rp5.040 juta per bulan merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000. Lalu ditambah tunjangan jabatan sekitar Rp13 juta per bulan sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 Tahun 2001.

Jika ditotal mereka memperoleh sekitar Rp18 juta per bulan. Nah, Erick Thohir yang kebetulan juga menjabat sebagai Menteri BUMN mengaku pendapatannya sebagai menteri kalah dari wasit.

“Alhamdulillah, mereka rata-rata 17 kali meniup peluit dalam semusim. Sekali tiup, nominalnya titik-titik. Dalam sebulan, gajinya titik-titik,” kata Erick Thohir.

“Lebih tinggi gajinya dari menteri. Menteri Rp19 juta, mereka bisa Rp20 juta. Alhamdulillah, itu lebih tinggi. Selevel menteri mereka,” jelas eks presiden Inter Milan tersebut.

Erick Thohir - PSSI
PSSI

Merujuk Liga 1 musim lalu, seorang pengadil pertandingan mendapat gaji Rp10 juta sekali memimpin. Kemudian, hakim garis Rp7,5 juta, lalu wasit tambahan Rp5 juta, serta cadangan Rp5 juta.

Erick Thohir Minta Wasit-wasit Bersyukur

Erick menyebut wasit-wasit yang ada saat ini patut bersyukur karena mulai diperhatikan. Ke depan, ia bertekad meningkatkan kualitas wasit untuk berlisensi FIFA.

“Jadi wasit harus bangga. Kalau saya bicara kualitas, kembali harus standar Asia lebih dulu. Pelan-pelan nanti bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia atau kejuaraan yang lain,” jelasnya.

“Tapi, yang namanya membangun perwasitan, bukan seperti mengembalikan telapak tangan. Membutuhkan waktu jangka panjang,” tutupnya.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru