Minggu, Juni 23, 2024
spot_img

Rekor Manchester City Juara & Prediksi Tepat Cristiano Ronaldo

BolaMilenia.com – Manchester City juara Premier League 2023-24 setelah menang 3-1 atas West Ham United pada pekan terakhir di Stadion Etihad, MInggu (19/5/2024). Gelar itu berhias sederet rekor sekaligus menjadi bukti kebenaran prediksi bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Bagi Manchester City, ini adalah gelar kedelapannya di Premier League. Namun, ada catatan spesial yang bahkan tak bisa dibuat sang rival, Manchester United, pada masa kejayaan lalu.

Premier League memang dikuasai klub-klub asal kota Manchester. Setelah Man United menjadi raja pada 1990-an hingga 2000-an, satu dekade belakangan giliran Man City yang tampil sebagai penguasa.

Secara total, Man City sudah meraih delapan gelar, sementara Man United 13 kali. Terlepas dari rekor Setan Merah, The Cityzens berhasil menorehkan capaian yang tidak bisa dibukukan sang tetangga.

Pep Guardiola dan anak asuhnya menjadi yang pertama bisa meraih gelar dalam empat musim beruntun. Sejak musim 2020-21, trofi Premier League tak pernah berpindah tangan dari mereka.

Sejak kedatangan Guardiola pada 2016, Man City menjadi juara pada musim 2017-18 dan 2018-19. Liverpool sempat memutus catatan beruntun Man City pada musim 2019-20, sebelum kubu Man City kembali menjadi penguasa pada empat musim selanjutnya.

Sementara pada masa keemasannya, Man United paling banyak bisa meraih tiga gelar beruntun. Itu terjadi dua kali yakni pada 1998-99 hingga 2000-01 dan 2006-07 hingga 2008-09.

Manchester City juara Premier League 2023-24 & daftar juara EPL - X Premier League
X @PremierLeague

Manchester City Juara Tapi Lebih Sedikit Ada di Puncak

Pada musim ini, Anak asuh Pep Guardiola mengakhiri dengan 91 poin atau unggul dua angka atas Arsenal yang finis di peringkat kedua. Sementara Liverpool tertinggal sembilan poin.

Keberhasilan Manchester City juara bisa dibilang mengejutkan kendati tidak betul-betul membuat syok. Pada musim ini Man City tidak dominan di peringkat pertama. Bahkan sempat tercecer di peringkat keempat.

Man City sempat menghuni peringkat pertama pada pekan ketiga hingga pekan ketujuh dan pekan ke-11 dan 12. Setelah itu The Cityzens lebih banyak berada di posisi kedua atau ketiga.

Baru pada pekan ke-33 dan ke-34 mereka kembali muncul ke atas dan memungkasi musim ini dengan tampil sebagai juara. Jika ditotal, berdasarkan data dari situs Premier League, Man City hanya 10 pekan berada di puncak klasemen.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding Arsenal dan Liverpool. The Gunners tercatat 11 pekan ada di puncak klasemen. Sementara The Reds lebih sering lagi, yakni 12 pekan.

Selain tiga klub tersebut, kesebelasan lain yang juga pernah merasakan puncak klasemen pada musim ini adalah Newcastle United, Brighton & Hove Albion, dan Tottenham Hotspur.

Cristiano-Ronaldo-gamis-Al Nassr
Dok. Al Nassr

Hal menarik lain, kegagalan Arsenal menjadi juara sempat diprediksi oleh mantan bintang Man United, Cristiano Ronaldo. Dia menuturkan peluang Arsenal juara saat ditanya promotor tinju Frank Warren di sela-sela malam pertarungan Tyson Fury vs Oleksandr Usyk di Riyadh, Arab Saudi, Minggu (19/5).

Warren yang merupakan fans sejati The Gunners bertanya kepada Ronaldo soal persaingan Arsenal dan Manchester City yang sengit hingga akhir musim.

Pertanyaan tersebut kemudian dijawab tanpa ragu oleh Ronaldo yang menjadi tamu dalam acara pertarungan tinju kelas berat tersebut.

“Mereka tidak akan menjuarai Liga Inggris,” kata Ronaldo singkat disambut gelak tawa Frank Warren.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru