Kalahkan Prancis, Argentina Juara Piala Dunia 2022!

BolaMilenia.com – Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti 4-2 (3-3) atas Prancis pada partai final di Stadion Lusail, Minggu (18/12) WIB. Argentina kini menambah koleksi gelarnya menjadi tiga. Lionel Messi pun menyempurnakan kariernya dengan raihan titel juara dunia.

Pada final kali ini, Messi memang berjasa besar atas kemenangan Argentina. Dia mencetak dua gol pada waktu normal, ditambah menjadi eksekutor pembuka kemenangan Albiceleste dalam drama adu penalti.

Akan tetapi, perjuangan Messi dan Argentina untuk meraih kemenangan tak dicapai dengan mudah. Mereka memang mampu menggebrak dengan mencetak dua gol lebih dahulu pada babak pertama.

Gol pertama dicetak Messi pada menit ke-23 melalui titik penalti menyusul pelanggaran Ousmande Dembele terhadap Angel Di Maria. Setelahnya, Di Maria menggandakan keunggulan Argentina pada menit ke-36 memanfaatkan assist Alexis MacAllister.

Namun, keunggulan dua gol yang dipertahankan sepanjang babak pertama itu tak lantas membuat Prancis menyerah. Pada paruh kedua, Les Bleus mencoba bangkit dengan melakukan perubahan taktik.

Argentina vs Prancis, Kylian Mbappe gol, Argentina juara Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Kylian Mbappe Pimpin Comeback Prancis

Kingsley Coman dan Edouard Camavinga berbarengan diturunkan pada menit ke-71. Sebelumnya sebelum jeda, pelatih Didier Deschamps juga sudah memainkan Randal Kolo Muani dan Marcus Thuram.

Pergantian itu membuat Prancis balik mendominasi permainan. Pucaknya, Kylian Mbappe muncul sebagai aktor utama dengan mencetak dua gol dalam tempo dua menit.

Gol pertama dicetak melalui titik penalti pada menit ke-80 menyusul pelanggaran Nicolas Otamendi kepada Kolo Muani. Semenit berselang, umpan Thuram disambar Mbappe menjadi gol lewat tembakan voli kaki kanan.

Dua gol Mbappe itu memaksa pertandingan berlanjut hingga babak perpanjangan waktu. Di babak ini, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, coba menambah variasi serangan dengan memasukkan Lautaro Martinez dan Paulo Dybala.

Argentina vs Prancis, Lionel Messi gol, Argentina juara Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Hasilnya, gol kedua dicetak Lionel Messi pada menit ke-108 setelah menyambar bola muntah hasil tembakan Lautaro yang diblok kiper Hugo Lloris. Akan tetapi, kegembiraan Messi hanya bersifat prematur.

Pasalnya, Mbappe kembali beraksi untuk menyamakan skor lagi melalui hat-trick-nya. Gol ketiga Mbappe dicetak pada menit ke-118 kembali melalui eksekusi penalti setelah Gonzalo Montiel divonis handball.

Argentina vs Prancis Ditetukan Adu Penalti

Gol ketiga Kylian Mbappe membuat pertandingan menjadi semakin sengit. Namun, pada akhirnya drama adu penalti menjadi penentu tim mana yang harus menang.

Argentina perkasa dalam drama adu penalti setelah keempat algojo pertama mampu menjalankan tugas dengan sempurna. Sementara, Prancis harus gigit jari lantaran dua dari empat eksekutornya, Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal mencetak gol. Hanya Mbappe dan Kolo Muani yang mampu menaklukkan gawang Emiliano Martinez.

Argentina vs Prancis, Lionel Messi, Argentina juara Piala Dunia 2022 - FIFA
FIFA

Hasilnya, gol dari ekesekusi Montiel menjadi penentu kemenangan Argentina pada drama adu penalti dengan skor 4-2. Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022, sekaligus gelar ketiga setelah 1978 dan 1986.

Gelar ini juga menjadi penyempurna karier megabintang Lionel Messi, setelah pada tahun lalu juga mempersembahkan trofi Copa America. Apalagi, sebelumnya karier Messi kerap dibandingkan dengan pendahulunya, Diego Maradona, lantaran tak kunjung mempersembahkan gelar Piala Dunia.

Related Articles

Stay Connected

225,636FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru